Perpustakaan Jambi

Subungan dengan Renovasi Gedung, maka Layanan Peminjaman di Perpustakaan Pusat dihentikan Sementara, Silahkan manfaatkan pustaka fakultas.

MODERNISASI SISTEM LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JAMBI 10 September 2018


Bertempat di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Unja Mendalo pada Selasa (14/8) diadakan rapat Revitalisasi dan Modernisasi Perpustakaan Universitas Jambi oleh Perpustakaan Unja.

 

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jambi, Drs. Affan Malik, M.E mengatakan Perpustakaan Universitas Jambi masih sangat jauh tertinggal dan butuh pembangunan terus menerus dengan komitmen yang serius.

“Kami berkomitmen untuk melakukan Revitalisasi serta modernisasi agar perpustakaan Unja bisa diakui oleh masyarakat dan eksis menyamai perpustakaan berkualitas di Perguruan Tinggi yang sudah maju dan berstatus Akreditasi A,” Ujar Kepala UPT Perpustakaan Affan Malik.

 

Kemudian ia juga memohon arahan kepada Rektor, Dekan serta semua unsur pimpinan yang hadir pada rapat kali ini untuk memberikan respon positif serta dukungan untuk dapat terselenggaranya program Revitalisasi Perpustakaan Unja ini.

Kegiatan yang dihadiri Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H., Ph.D, Wakil Rektor Universitas Jambi, Dekan, Kepala LPTIK, serta Undangan lainnya.

Sering orang mengibaratkan bahwa perpustakaan adalah jantungnya Universitas. Hal ini tidaklah berlebihan karena perpustakaan merupakan pusat berbagai sumber belajar. Perpustakaan yang baik akan menjadi tumpuan referensi akademis sivitas akademika sehingga dapat berpengaruh secara positif terhadap kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, Universitas Jambi menjadi universitas yang terakreditasi A atau unggul, maka saat ini sedang berlangsung modernisasi perpustakaan.

 

Modernisasi dilakukan terhadap perpustakaan pusat dan 28 perpustakaan unit kerja yang bertujuan untuk mewujudkan perpustakaan yang representatif bagi sivitas akademika Unja. Dua hal yang dapat disasar pada kegiatan modernisasi ini yaitu perpustakaan sebagai suatu sistem dan perpustakaan sebagai suatu komunitas belajar (learning Community).

“Perpustakaan sebagai suatu sistem berarti membenahi entitas utama perpustakaan yang meliputi sistem informasi, fasilitas, dan layanan. Saat ini LPTIK Unja sudah selesai mengembangkan sebuah sistem informasi perpustakaan modern yang dapat mengkoneksikan perpustakaan pusat dengan seluruh perpustakaan/ruang baca yang ada di Unja,” Ujar Rektor pada Wisuda ke-82 Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Program Diploma semester ganjil tahun akademik 2018/2019, di Balairung Pinang Masak Unja Mendalo.(28/7)

“Dengan sistem yang baru ini maka mahasiswa dan dosen mudah mencari literature dan dapat mengakses semua buku, baik yang ada di pustaka pusat dan unit kerja, untuk kegiatan peminjaman literature mahasiswa dapat menggunakan kartu mahasiswa yang sudah dilengkapi dengan chip yang datanya terintergrasi ke basis data Universitas Jambi.